A. Peserta
- Peserta adalah siswa Sekolah Menengah Atas Se-Provinsi Lampung
- Peserta berkelompok (maksimal 3 orang)
B. Mekanisme Pendaftaran
Pendaftaran Peserta Olimpiade MESENTRICA
II FK UNILA 2014 dibuka pada tanggal 24 November 2014 dengan Alur Pendaftaran:
- Peserta mengunduh formulir di Mesentrica.Blogspot.com. Formulir tidak perlu dicetak/diprint. Formulir diisi dan nantinya dikirimkan melalui email.
- Peserta melakukan pembayaran melalui rekening Bank BNI: 0311061802 a.n Natasyah Hana Zafirah
- Setelah melakukan transfer via bank, peserta dimohon untuk konfirmasi ke Natasyah (082182926927) sesuai dengan format SMS: “Nama Peserta_Nama Sekolah_OS”. contoh: Desindah Loria Simanjuntak - Fuad Iqbal Elka Putra -Dara Marissa_Sman 2 Bdl_OS
- Peserta mengirimkan formulir pendaftaran yang telah diisi, hasil scan atau foto bukti pembayaran melalui bank, hasil scan atau foto kartu pelajar, dan softcopy foto 3x4 berwarna ke email mesentrica.fkunila@gmail.com secara bersamaan dengan format Nama Peserta_Nama Sekolah dengan subjek (perihal): Pendaftaran Olimpiade Mesentrica II Fk Unila 2014.
- Peserta akan menerima konfirmasi bahwa telah melakukan registrasi melalui balasan email selambat-lambatnya 24 jam setelah pengiriman oleh Panitia.
- Peserta akan mendapatkan no.tim yang digunakan saat perlombaan yang akan diumumkan pada saat technical meeting, melalui web atau sosmed Mesentrica II FK Unila 2014.
- Bukti pembayaran bank difotocopy dan saat registrasi ulang pada hari H harap dibawa untuk ditukarkan dengan kuitansi dari panitia.
C. Mekanisme Perlombaan
Jadwal
Kegiatan
1. Rangkaian Pelaksanaan
Pendaftaran : 24 November 2014 – 28 Desember 2014
Technical meeting : 29 Desember 2014
Pelaksanan Perlombaan : 3 Januari 2015
2. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Lomba
Waktu pelaksanaan pada hari Sabtu, 3 Januari 2015 pada pukul 07.00 s.d Selesai. Tempat Pelaksanaan Lomba di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
3. Saat Technical Meeting (Pertemuan Teknis) tiap Tim wajib mengirimkan perwakilan minimal 1 orang yang dilaksanakan Senin, 29 Desember 2014 pada pukul 15.00 WIB di R. Kelas 2011 Gedung C Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
4. Selama pendaftaran berlangsung, pendaftaran bisa melalui Sekretariat BEM Fakultas Kedokteran (Konfirmasi jadwal pertemuan minimal 1 hari sebelum kedatangan)
Ketentuan Pelaksanaan Lomba
1. Rangkaian Pelaksanaan
Pendaftaran : 24 November 2014 – 28 Desember 2014
Technical meeting : 29 Desember 2014
Pelaksanan Perlombaan : 3 Januari 2015
2. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Lomba
Waktu pelaksanaan pada hari Sabtu, 3 Januari 2015 pada pukul 07.00 s.d Selesai. Tempat Pelaksanaan Lomba di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
3. Saat Technical Meeting (Pertemuan Teknis) tiap Tim wajib mengirimkan perwakilan minimal 1 orang yang dilaksanakan Senin, 29 Desember 2014 pada pukul 15.00 WIB di R. Kelas 2011 Gedung C Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
4. Selama pendaftaran berlangsung, pendaftaran bisa melalui Sekretariat BEM Fakultas Kedokteran (Konfirmasi jadwal pertemuan minimal 1 hari sebelum kedatangan)
Ketentuan Pelaksanaan Lomba
1. Lomba
dilaksanakan melalui 4 Babak : Putaran ke-1, Putaran ke-2,
Babak Semifinal dan Babak
Final.
2.
Peserta
terdiri dari 3 Orang per Tim. Tiap tim berhak terdiri dari kelas X, XI ataupun
kelas XII
3. Tiap
sekolah berhak mengirimkan maksimal 3 tim. Kuota maksimal perlombaan ini adalah sebanyak 75 Tim (225 Peserta)
4. Peserta
wajib datang pukul 07.00 pada saat Pelaksanaan Lomba Sabtu, 3 Januari
2015, dan wajib
mengirimkan 1 peserta untuk mengikuti Technical Meeting Senin, 29 Desember 2014
5. Pendaftaran
dibuka mulai 24 November 2014 dan ditutup pada pukul 24.00 pada 28 Desember 2014
Tata Cara Perlombaan
Perlombaan ini terdiri dari 4 Tahap Perlombaan yaitu :
1. Putaran Pertama
Putaran pertama akan dilalui oleh semua peserta dari berbagai tim. Pada
putaran pertama tiap Tim yang terdiri dari 3 orang akan mendapatkan masing
masing sebanyak 75 soal pilihan ganda. Tiap peserta akan diberikan waktu selama
60 menit untuk mengerjakan soal tersebut.
Perhitungan akan dilakukan oleh panitia dengan cara menghitung
keseluruhan jumlah soal yang benar dari ketiga peserta tiap Tim. Sebagai
Contoh: Farid mengerakan soal dengan total poin 100, Dimas mengerjakan soal
dengan total poin 150 dan Budi mengerjakan soal dengan total poin 250 yang
terdiri dari 1 Tim. Keseluruhan soal yang Benar
akan dikumulatifkan.
Jadi maksimal poin yang dimiliki tiap peserta pada Putaran pertama
adalah 300 poin tiap peserta/900 poin tiap Tim.
Benar (+4), Salah (-1) dan Kosong (0)
2. Putaran
kedua
Putaran kedua, soal akan berbentuk study case (soal Pilihan Ganda
berbentuk kasus) dengan materi yang lebih rumit dibandingkan pada putaran
pertama. Soal akan diberikan sebanyak 30 soal dan akan diisi oleh Tim secara
bersama-sama. Soal akan diberikan dalam bentuk slide, yang mana tiap soal akan
diberikan dalam waktu 15 menit. Waktu yang diberikan untuk istirahat adalah 15
menit antara putaran pertama dan putaran kedua.
Benar (+4), Salah (0) dan Kosong (0)
3. Babak
Semi Final
Babak
semi final akan dipilih 10 Tim terbaik, Namun kali ini permainan akan dilakukan
secara Tim. Putaran kedua ini soal akan terdiri dari 20 buah soal. Tiap ruangan
terdiri dari 2 buah soal yang mana peserta akan memasuki ruangan secara
bergiliran selama 90 detik pada tiap ruangan. Tipe soal akan lebih sulit dari
sebelumnya.
Panitia
akan menghitung keseluruhan poin yang dikumpulkan oleh Tim dengan mengklasemenkan
seluruh poin yang diraih. 4 Tim dengan poin terbanyak akan masuk ke babak
final.
4. Babak Final (Lomba Cepat Tepat)
4. Babak Final (Lomba Cepat Tepat)
Lomba Cepat Tepat ini akan dimainkan oleh 4 Tim dan akan diberikan 3
Varian soal.
- Varian I: Soal wajib terdiri dari 10 soal dan diberikan waktu 300 detik untuk menjawabnya, jika tiap Tim tidak mampu menjawab soal pertama maka boleh lanjut ke soal berikutnya. Dan apabila masih terdapat waktu tersisa maka boleh kembali ke soal yang belum terjawab (Tidak dapat dilempar ke Tim lain). Soal diambil berdasarkan amplop yang telah disediakan oleh Juri. Poin tiap soal yang benar pada Varian I akan diberikan 100 poin untuk pertanyaan benar, 0 poin untuk jawaban salah dan 0 poin jika tidak dijawab. Peserta berhak mengambil amplop yang diberikan oleh juri untuk dijawab
- Varian II: Varian ketiga ini berupa soal rebutan, Juri akan memberikan soal yang akan peserta rebutkan dengan cara menekan tombol terlebih dahulu, jika juri memberi kesempatan kepada peserta untuk menjawab, baru peserta boleh menjawab. Jika soal belum selesai dibacakan oleh juri, namun ada peserta yang menekan tombol terlebih dahulu maka Tim yang menekan tombol tersebut wajib menjawab soal tanpa juri membacakan soal sampai selesai. Jika Tim tersebut tidak mampu menjawab
Benar = +100 Poin, Salah = -50 Poin, Tidak menjawab =
0
- Varian III : Soal berupa pelelangan Skor / poin yang dimiliki selama varian I dan varian II. Pelelangan tidak boleh melebihi 50% dari total poin yang dimiliki. Tim yang mampu melelang poin paling banyak akan diberi kesempatan menjawab soal yang diberikan oleh Juri. Peserta akan mendapatkan poin sesuai poin yang dilelangkan. Dan peserta juga akan mendapatkan pengurangan poin sesuai poin yang dilelangkan. Jumlah soal pada Varian III (Lelang Poin) berjumlah 10 soal.
Soal yang diberikan lebih sulit daripada sebelumnya.
Catatan :
1. Jika terdapat kesamaan nilai maka juri akan memberikan
3 buah soal rebutan dengan 100 poin
setiap jawaban benar, -100 poin setiap jawaban salah dan -50 poin jika tidak menjawab namun tombol telah ditekan
2. Peserta diperbolehkan untuk protes terhadap jawaban
yang kiranya juri sampaikan terdapat kesalahan dalam jawaban. Apabila peserta
mampu menjelaskan jawaban dengan baik dan benar maka Poin akan ditambahkan
(sesuai ketentuan) dan akan diberi tambahan poin (bonus) sejumlah 50% skor poin
yang diterima. Dan apabila peserta protes terhadap jawaban, namun tak dapat
menjelaskan jawaban yang dimiliki secara baik dan benar maka akan dikurangi
poin (sesuai ketentuan) dan dikurangi kembali 50% dari poin yang berkurang
Kewajiban
peserta :- Peserta wajib mematuhi setiap peraturan yang telah ditentukan oleh Panitia Lomba
- Peserta wajib berlaku sopan baik perkataan atau perbuatan kepada juri dan panitia
- Peserta wajib datang menggunakan pakaian batik sekolah masing-masing dengan rapih dan sopan. Tidak menggunakan kosmetik apapun yang mencolok
- Peserta wajib membawa alat tulis masing-masing. Alat tulis tidak diperbolehkan untuk saling meminjam.
- Apabila ditemukan pelanggaran terhadap kewajiban 1-4 maka panitia berhak tidak mengikutsertakan peserta tersebut.
A. Administrasi
Pembayaran
1.
Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,00 ke rekening panitia
Mesentrica II 2014 Universitas Lampung
Bank : BNI
No. Rek : 0311061802
a.n. : Natasyah Hana Zafirah
2. Peserta mengunggah bukti biaya pendaftaran ke Mesentrica.fkunila@gmail.com
bersama dengan formulir pendaftaran.
3. Setelah mengunggah bukti pendaftaran, peserta harus
memberikan konfirmasi maksimal 24 jam setelah transfer kepada Natasyah
(082182926927) dengan format “Nama Peserta_Nama Sekolah_OS”.
contoh: Desindah Loria Simanjuntak - Fuad Iqbal Elka Putra -Dara Marissa_Sman
2 Bdl_OS
B.
Penghargaan
Pemenang
kompetisi ini akan mendapatkan sertifikat, trophy dan uang tunai sebagai
berikut:
Juara I : Rp. 1.250.000
Juara II : Rp. 1.000.000
Juara III : Rp. 750.000
C. Informasi umum
1.
Sekretariat
Panitia Mesentrica 2014 FK Universitas Lampung
Lunar lt.3 Gedung C FK Universitas Lampung
Fakultas Kedokteran Universitas Lampung
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung 35145, Indonesia
Website : Mesentrica.Blogspot.com
E-mail : Mesentrica.fkunila@gmail.com
Twitter : @Mesentricaunila
2. Contact
person
Fuad
Iqbal (085783469188)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar